Bangunan dan Jalan

seringkali saat berada di suatu tempat, atau disaat berjalan-jalan di suatu kampung atau komunitas, kita merasa oh jalan ini kecil sekali, atau sempit sekali...atau sebaliknya, wah lebar sekali jalan itu...padahal setelah diukur, jalan-jalan tersebut sama lebarnya...so why?

ya, lingkungan !
lingkungan sangat berpengaruh pada psikologi penghuninya, sadar atau tidak itulah yang terjadi. jejeran rumah atau bangunan yang terlalu berhimpitan dengan jalan, atau pagar-pagar rumah yang masif dan tinggi pula, akan menyebabkan jalan yang ada didekatnya terasa lebih sempit.
begitupun gedung-gedung tinggi di tengah ibukota akan membuat jalan-jalan ibukota terasa sangat sempit seolah-olah butuh pelebaran jalan kembali, padahal ukuran jalan arteri tersebut sama lebar dengan yang dibangun di kota-kota lain, dimana gedung-gedung di sisi jalannya tidak setinggi di ibukota...[ini sekedar ilustrasi saja]

maka dari itu, sangatlah penting bagi perencana/ arsitek dalam mendesain gedung apapun itu bentuk dan jenisnya memperhatikan hal-hal kecil berdampak besar seperti ini, sempadan jalan/sungai/bangunan, building coverage, dan aturan-aturan lain. pada kota-kota besar biasanya sudah terdapat tuntunan yang jelas dalam buku RDTRK atau Rencana Detail Tata Ruang Kota.

Komentar

Postingan Populer