Ruang Lingkup Pekerjaan Arsitektur Lansekap

setelah tau kenapa arsitektur lansekap itu diajarkan, dan apa-apa saja yang menjadi pokok pemikiran dan tanggung jawabnya, naah kini kita juga kudu tahu yang namanya pekerjaannya arsitektur lansekap itu apa aja seeh!!!

setidaknya ada tiga poin penting dalam lingkup pekerjaan arsitektur lansekap, yaitu :
1. Landscape Planning, dalam bahasa kita artinya perencanaan lansekap secara umum. yaitu merencanakan dalam ruang global. lingkup perencanaannya sangat luas, bisa jadi mencakup skala kota atau permukiman.
2. Landscape Site Planning, yaitu perencanaan lansekap tapak, atau pada suatu tapak. pada proyek ini, terdapat batasan-batasan yang lebih jelas, baik secara dimensional, arsitektural maupun sosio-kultural.
3. Detailed Landscape Site Planning, adalah perencanaan detail lansekap yang telah direncanakan sebelumnya. mulai dari site secara global, hingga ke elemen estetis dan artifisial serta penghijauan yang direncanakan, sistem ruang terbuka hijau.

tiga poin di atas, secara berurut adalah proses gimana ato darimana dan bagaimana merencanakan lansekap, atau arsitektur lansekap. sehingga design yang kita buat tidak asal jadi, kalo katanya orang Bali tuh, Ujug-ujug jadi!!!.
ngak, yang ujug-ujug itu bahaya, karena apa???
karena design yang dibuat ya harus bisa dipertanggungjawabkan, terutama kepada kode etik kita sebagai seorang designer atawa arsitek yang harus membuat design yang bertujuan kepada kesejahteraan hidup manusia.

Yup, OK...Ok!!!

Sumber materi : Perkuliahan 2 Arsitektur Lansekap
(DP: BW, ST.MT; FT. Arsitektur UIGM)

Komentar

Anonim mengatakan…
lalau mbak klu bangunana komersial yang cocok dengan masjid tu apa??maksudnya satu fungsi dmana bangunan masjid rangkap fubgsi sebagai bangunan komersial????
Kim mengatakan…
halo boss, jangan panggil mbak donk...i am a man...:D

mungkin bukan bangunan komersial ya, tetapi fungsinya aja yg komersil yg ditujukan buat ngedukung fungsi/aktivitas masjid itu sendiri, antara lain bisa berupa :
1. kaunter alat2 tulis
2. toko buku/ perpustakaan berbayar
3. snack corner, akan lebih baik dengan konsep taman, atau mesjid itu sendiri punya taman yang luas buat aktivitas ringan spt duduk2, ngobrol ato semacamnya sembari nunggu waktu sholat
4. warnet
5. toko pakaian muslim, bisa berupa stan pameran yg hadir di saat2 tertentu spt usai jum'at...
6. kaunter parfum non alkohol

dulu pernah aku denger2 klo sebuah masjid di singapura juga memiliki dan mengelola lapangan futsal...ntu jg bagus, tetapi syarat sdm nya jg mesti disiapkan, karena fungsi seperti itu saya pikir sudah lumayan berat dibanding 6 poin saran saya tsb.

Thx ya...

Postingan Populer