Pengantar Real Estate - chapter1

real estate, kata yang hampir semua orang mengenalnya, kalo ingat dulu, ada lagunya neo yang liriknya kayak gini :

tinggal di rumah real estate
di permukiman elite
di belakang rumah ada kolam renangnye
................................

yup, tuh lagu judulnya 'borju"...udah lama banget tuh lagu, jaman2nya smp...
ok. balik ke topik, bener nggak sih, yang namanya real estate itu rumah ato perumahan borjuis, miliknya orang2 berduit banget...ber-uang...hehe

Real Estate, merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris, yang asal katanya sendiri adalah dari bahasa spanyol yaitu, Real = Royal = Kerajaan.
Real Estate artinya adalah sebagai suatu kawasan tanah yang dikuasai oleh raja, bangsawan dan landlord/ tuan tanah di jaman feodal dulu, ato singkatnya, real estate adalah properti milik kerajaan (The Cash Flow Quadrant-Robert T. Kiyosaki)

naah, kesimpulan sementara : real estate itu ya tanah ato apa saja bentuknya, yang diletakkan atau terletakkan di atasnya oleh kejadian alam ataupun manusia, hmmm

naah sekarang ngerasa nggak kalo di negeri kita sekarang terjadi pergeseran arti dari kata real estate???
buktinya ya itu tadi, lagunya Neo - Borju. kalo ngedenger tuh lagu, kayaknya real estate itu "cuma" perumahan mewah dan sejenisnya, yang gak bisa dibeli ama orang kebanyakan, tul gak??

iyah, ada pergeseran arti, real estate di sini lebih diartikan suatu komplek perumahan yang memiliki lingkungan yang tertata rapi, dengan taman yang luas dan indah. seperti kota mandiri karyanya lippo, sinar mas, kalo di palembang sekarang tuh Citra Grand City-Ciputra Group.

padahal, sebenarnya real estate jauh lebih besar, lebih raya daripada sekedar perumahan mewah. perumahan tersebut merupakan "hanya" sebagian properti dari real estate itu sendiri.
naah kenapa properti???
karena arti dari properti adalah hak dan kepemilikan atas suatu tanah dan bangunan di atasnya...geeto!!!

hhuhhh, udah 60-an taon merdeka, masih aja bisa "gagap bahasa"-ya.....

sumber data : materi perkuliahan 1 "Pengantar Real Estate"
(DP: AY, ST, MT;FT.Arsitektur UIGM)

Komentar

Postingan Populer